Senin, 30 Desember 2013

Keutamaan Tilawah Quran


Al quran adalah kitab suci yang diturunkan kepada umat muslimin sebagai rahmat dan keberkahan .  Al quran diturunkan untuk menjadi pembeda antara yang haq dan batil, menjadi petunjuk dan aturan bagi manusia agar tidak tersesat di dunia. Jadi alquran bukanlah kitab yang menjadi koleksi pajangan rumah atau rak buku, melaikan kitab dahsyat yang bisa mengubah seseorag menjadi sueper dahsyat.


Dalam sjarah umat manusia, al quran memberikan kontribusi besar dan pengaruh yang mengubah kondisi masyarakat menjad lebih baik dai sebelumnya. Generasi sahabat adalah generasi terbaik karena mereka memberikan perhatian yan lebih dan mendalam terhadap al quranul karim. Tilawah al quran merupakan kunci sukses mereka dan menjadikannya pegangan hidup. Kemukjizatan ini terus bertahan hingga hari kiamat, sebagaimana Allah telah menjajikannya, barang siapa yang mengamalkannya ia akan sukses di dunia dan akhirat.

Dalam kitab imam nawawi dipaparkan berbagai kemuliaan membaca alquran :

MENJADI SYAFAAT BAGI PEMBACANYA DI HARI KIAMAT

Kalau sobat tahu, kiamat adalah hari yang sangaaat sulit dan berat, kecuali bagi saja saja yang Allah ringankan / yang diberi syaat . Diantara orang yang Allah ringankan adalah adalah yang sering membacanya di dunia. Apakah sobat pernah dengar hadits nabi berikut?.....  nabi bersbda : “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat”
Tuh kan benar, alquran akan menjadi teman kita semua di hari akhir. Dia adalah penyejuk dari panas yang membara di hari perhitungan ketika matahari berada sangat dekat dengan ubun ubun kita.

MENDAPATKAN PREDIKAT MANUSIA TERBAIK

Orang orang terbaik di muka bumi ini adalah para penghafal alquran, sebagaimana hadits nabi : “ Sebaik baik kalian adalah yang mengajarkan alquran dan yang mengamalkanya.”
Bag yang mahir mebacanya, akan bersama malaikat di hari kiamat
Diantara kita ada yang sangat mahir mambaca alquran, mulai dari tafwid hingga fasohah mendapat nilai 100, tapi ada juga yang masih terbata bata. Tapi walaupun masih terbata bata jangan sampai menyerah, teruslah usaha agar bacaan semakin bagus.
Nabi bersabda : “orang yang membaca alquran dan mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama malaikat yang mulia dan taat kpd Allah. Dan orang yang membacanya, sedang ia terbata bata dan berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan 2 pahala”

AKAN DIANGKAT DERAJATNYA OLEH ALLAH

Nabi bersabda : “ Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat suatu kaum dengan alquran ini , dan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain”

MENDAPAT KETENANGAN, RAHMAT, DAN DIKELILINGI MALAIKAT, DAN DIPUJI DI DEPAN PARA MAKHLUKNYA

Dari Abi Hurairah Nabi saw bersabda :”Tidaklah salah satu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah utuk melantukan ayat ayat suci Alquran dan mempelajariya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi kepada mereka rahmat, akan dilingkari pada diri mereka malaikat, dan Allah akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.


Sebenarnya masih banyak keutamaan dan kemuliaan lainnya tapi penulis hanya menuliskannya beberapa. Tapi intinya tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca alquran. Mumpung nyawa masih di raga dan waktu kimat belum datang, ayo kita sama sama membaca alquran dan ajak keluarga serta sahabat untuk membacanya pula.

salam
jika sobat ingin memiliki program alquran digital, silahkan klik tulisan ini : alquran digital



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *